Surabaya Bersaudara Dengan Liverpool

Diunggah pada Senin, 19 Maret 2018

Dinkominfo-Kota Surabaya adalah kota bertaraf internasional yang telah membuktikan diri mampu sejajar dengan kota-kota lain di dunia. Hal ini dibuktikan tidak hanya dari sederet penghargaan kelas dunia yang telah diraih, namun juga penataan kota yang bisa disandingkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia. Hal ini menarik perhatian dari Kota Liverpool.

Hari Senin (19/03), Walikota Surabaya dan Walikota Liverpool menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) hubungan Sister City antar dua kota ini di lobby lantai 2 gedung Balai Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, mengucapkan selamat datang kepada Walikota Liverpool, Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, dan juga semua rombongan yang hadir pada pagi ini. Ia menyambut positif adanya kerjasama Sister City antara Kota Surabaya dan Kota Liverpool karena kedua kota ini memiliki karakter yang sama, yaitu sama-sama menyukai sepakbola. Sepakbola bukan hanya dimainkan di level profesional, namun juga menjadi olahraga untuk seluruh masyarakat dari seluruh lapisan. Selain itu, Kota Surabaya dan Liverpool juga memiliki kecintaan pada musik.

Risma juga mengatakan bahwa Kota Surabaya dan Liverpool sama-sama merupakan kota pelabuhan tua di Indonesia dan Inggris, sehingga kerjasama antar pelabuhan dirasa perlu untuk dilakukan. Perempuan pertama Surabaya ini juga menambahkan bahwa kerjasama ini akan membawa banyak manfaat bagi kedua kota, terutama dalam pengembangan smart city untuk pelayanan publik yang lebih baik, dan juga pengembangan di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sektor industri kreatif, dan juga pendidikan.

Sementara itu, Joe Anderson, Walikota Liverpool menyampaikan rasa terima kasih atas keramahan dan sambutan hangat dari Kota Surabaya kepada dirinya dan juga rombongan. Ia juga mengatakan bahwa ada sinergi dan energi yang bagus antara Surabaya dan Liverpool dan juga banyak kesempatan yang bisa diraih terutama dalam bidang kesehatan, budaya, pelayanan kesehatan, olahraga sepakbola, dan lain-lain. Menurutnya, ini adalah sebuah kehormatan bisa berada di Surabaya dan menjalin kerjasama ini, karena menurutnya Surabaya adalah teman dari Liverpool.

"Looking forward to our friendship in the future", katanya di akhir sambutan.

Di kesempatan yang sama, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Moazzam Malik, mengatakan bahwa ide kerjasama ini telah digodog selama hampir dua tahun, dan ide kerjasama tersebut datang dari Walikota Risma ketika ia berkunjung ke Liverpool. Moazzam menceritakan bahwa ia senang sekali dengan adanya kerjasama ini, karena baik Surabaya dan Liverpool punya peran yang sangat penting untuk Indonesia dan Inggris dan ia bersedia untuk memfasilitasi rencana ini lebih lanjut.

Masih menurut Moazzam, selain dua kota ini adalah kota pelabuhan, keduanya punya jumlah usia produktif yang besar dan juga banyak universitas sehingga banyak potensi yang bisa digali untuk kemajuan bersama, karena menurutnya kemajuan tersebut bisa didapat dari hubungan internasional yang baik. Di akhir sambutannya, ia berharap akan banyak kesuksesan untuk kedua kota ini di masa depan.

Setelah menandatangani MoU antar dua kota, Walikota Surabaya memberikan kenang-kenangan berupa patung, udeng khas Surabaya, dan juga lukisan potret yang dilukis oleh anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Surabaya. (Snd/Pri)