Wakil Walikota Liverpool Kunjungi Surabaya

Diunggah pada Senin, 27 Nopember 2017

Dinkominfo-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan Wakil Walikota Liverpool, Gary Miller pada Senin, (27/11) di ruang kerja Walikota. Rombongan diterima Walikota Surabaya, Tri Rismaharini beserta beberapa jajaran pejabat Kepala Dinas OPD terkait. Kedatangan mereka membahas beberapa hal diantaranya, Sains dan Teknologi, Olahraga, dan Industri Kreatif yang terdiri dari Fashion, Musik, dan Bisnis.

Wakil Walikota, Gary Miller mengatakan kunjungan ini untuk mempererat hubungan dengan Surabaya setelah sebelumnya Tri Rismaharini melakukan penandatanganan Letter of Intens (LoI) kerjasama menjadi city bulan Mei lalu di Liverpool.

Di awal kedatangannya, Gary Miller meminta untuk berswafoto dengan Tri Rismaharini. Hal tersebut mengundang gelak tawa hadirin dan para awak media dalam ruangan itu. Rombongan dari Liverpool yang berjumlah tiga orang itu dijamu mulai buah-buahan hingga jajanan tradisional khas Surabaya.

Saat berbincang dengan Risma, Wakil Walikota yang memiliki background Computer Progamming ini mengatakan jika di Liverpool ia menginvestasikan anggaran untuk beberapa bisnis di berbagai Perusahaan. Tujuannya bukan untuk memperoleh profit, melainkan untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Gary Miller juga menceritakan seluk beluk mengenai Kota Liverpool, kota yang terkenal dengan klub sepak bola nya. Gary berharap dengan adanya kerjasama dengan Surabaya nantinya akan ada anak Surabaya yang mampu bermain sepak bola ke kancah Internasional. Selain sepak bola, Liverpool juga dikenal dengan istilah "home of The Beatles". Industri kreatif lah yang akan menjadi fokus selanjutnya dalam hubungan sister city di kedua kota ini.

Menanggapi pernyataan Gary, Tri Rismaharini merasa senang dan bangga karena fibran dan nafas kota Liverpool sama dengan Surabaya. Risma mengungkapkan adanya kolaborasi dengan Liverpool diharapkan dapat membawa kemajuan dalam hal pendidikan, olahraga, dan industri kreatif di Surabaya. Risma berharap suatu saat nanti akan ada satu anak Surabaya yang dapat belajar dan berlatih sepak bola di satu stadion tertua di Liverpool.

"Liverpool kan udah balance ke arah pendidikan tapi dikembangkan intelegensinya untuk olahraga, musik, drama, tari, dan bisnis itu mereka bergerak bersama tidak hanya salah satu saja. Itu yang pingin saya kembangkan di Surabaya," ujar Risma saat diwawancari awak media.

Setelah itu kunjungan dilanjutkan menuju Co-Working Space, CC Room 112, dan UKM yang ada di gedung Mal Pelayanan Publik, ex. Siola. Kunjungan diterima dan dipimpin langsung oleh walikota Surabaya Tri Rismaharini. (hnm/pri)