Kunjungi Dinkominfo Surabaya, Dinkominfo Pemkab Purwakarta Dalami e-Government

Diunggah pada Kamis, 09 Maret 2017

Dinkominfo-Pemanfaatan sistem elektronik untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik mendapat apresiasi dari pemerintah daerah lain. Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya untuk mempelajari e-Government yang dilaksanakan Pemerintah Kota Surabaya.

Bertempat di ruang rapat Dinkominfo, Kamis (9/3), sebanyak 12 orang dipimpin oleh Suhandi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Rombongan disambut oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya.

Cahyo mengatakan, ketersediaan infrastruktur jaringan sangat mendukung pelaksanaan e-Government. Menurutnya, e-Government diatur dalam Perwali 5 tahun 2013 Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Menurut Cahyo, setiap  Organisasi Perangkat Daerah  yang  melakukan  pemanfaatan  Teknologi  Informasi dan  Komunikasi  harus  berkoordinasi  dengan  Dinas  Komunikasi dan  Informatika.

Menurut Cahyo, Dinas Komunikasi dan Informatika bertanggung jawab untuk pembangunan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi, pengelolaan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi dan monitoring  dan  evaluasi  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi.

Cahyo menjelaskan terkait call center 112 yang merupakan pelayanan kedaruratan bagi masyarakat. Melalui call center tersebut, masyarakat dapat melaporkan kebakaran, puting beliung, banjir, kebocoran gas, konflik sosial, kecelakaan lalu lintas, penemuan mayat, orang tenggelam, kecelakaan kerja dan sebagainya. Menurutnya, pelayanan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan diterapkan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi.

Cahyo menambahkan, Command Center, dibangun sebagai pelayanan kebencanaan terintegrasi antara stakeholder terkait. Menurutnya, mobil pemadam kebakaran tak perlu hilir mudik untuk mengambil air saat kebakaran. Mobil dari Dinas Ruang Terbuka Hijau dan Kebersihan dan PDAM membantu suplai air dengan mobil tangki masing-masing.

Masih menurut Cahyo, dalam Command Center terdapat berbagai stakeholder yang menangani kebencanaan. Antara lain Dishub, Polisi, Linmas, Petugas Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan sebagainya. Untuk mendukung Command Center, Pemerintah Kota Surabaya membangun sistem elektronik untuk mengetahui secara realtime track lokasi tim, informasi OPD yang bertugas di lapangan dan informasi bantuan tenaga bantuan. (Pri)

Photo Terbaru

Audio Terbaru

Kamis, 20 Oktober 2016

Play ADLIBS UN HABITTAT

Kamis, 20 Oktober 2016

Play ADLIBS PPDB