Sosialisasi Peta Udara Lidar Kepada SKPD Teknis

Diunggah pada Jum'at, 10 Pebruari 2017

Dinkominfo – Guna memudahkan masyarakat mengakses informasi dalam mengurus perijinan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan segera menggunakan optimalisasi foto udara dan peta lidar. Bertempat di Ruang Rapat Krisna, Gedung Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Tata Ruang Kota Surabaya digelar sosialisasi foto udara lidar wilayah Surabaya, Jumat (10/2).

Kepala DPRKP-CKTR, Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa nantinya peta tersebut akan menjadi peta tunggal jujugan seluruh SKPD Pemkot Surabaya dalam menentukan kebijakan. Dari sosialisasi tersebut, SKPD teknis dengan dibantu pihak DPRKP-CKTR dapat melengkapi data dan informasi yang nantinya akan ditampilkan dalam peta udara lidar.

Data dan informasi yang ditampilkan akan beragam misalkan dari Dinas Kesehatan akan ditampikan data tentang lokasi RSUD dan Puskesmas yang ada di Surabaya, atau Dinas Pendidikan terkait lokasi sekolah. Harapannya dengan adanya peta tersebut, masyarakat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan secara lengkap transparan.

Hasil foto udara yang ditampilkan dalam peta tersebut lebih jelas dan detail dikarenakan diambil dari ketinggian 750 meter dengan menggunakan pesawat. Ketinggian tersebut merupakan jarak ideal untuk mendapatkan hasil yang jelas dan teliti.

Sementara Lidar merupakan teknik pengambilan data dengan menggunakan teknologi laser yang diambil dari udara untuk mengetahui ketinggian dari permukaan tanah dan bentuk benda yang ada di permukaan. Semisal bentuk bangunan dan kondisi koridor jalan. (ynu)