Beri Pengarahan Camat dan Lurah, Wali Kota Eri Cahyadi Berharap Lurah Jadi Garda Terdepan Pemkot dan Harus Selalu Solutif

Diunggah pada Rabu, 03 Maret 2021

Setelah sebelumnya memberikan pengarahan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kini giliran Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji memberikan pengarahan kepada para Camat dan Lurah se-Kota Surabaya. Pengarahan itu digelar di Graha Sawunggaling, Komplek Gedung Pemkot Surabaya pada Rabu (3/3/2021).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi berharap para lurah itu menjadi garda terdepan Pemkot Surabaya. Sebab, ia memastikan ke depannya beberapa layanan akan diletakkan di kantor kelurahan, termasuk pelayanan Dispendukcapil. Nah, jika lurah menjadi garda terdepan, maka lurah juga harus punya kemampuan yang sama dengan Camat dan Kepala OPD, kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Oleh karena itu, ia meminta para lurah itu tidak hanya duduk di belakang meja saja. Apalagi, lurah itu penguasa wilayah yang harus tahu betul apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Bahkan, ia juga meminta para lurah itu harus tahu biasanya genangan ada di mana saja, ibu-ibu yang hamil dimana saja dan posisi lansia di mana saja.

Jadi, harus dekat dengan warga. Kalau warga lagi kesusahan terus kita datang membantu, warga pasti hatinya adem, nah itu yang harus kita terapkan ke depannya, kata dia.

Selain itu, ia juga meminta kepada para lurah itu untuk selalu menjadi pemimpin yang solutif, sehingga ketika ada warga yang mengeluhkan masalahnya, harus bisa memberikan solusi yang solutif. Seorang pemimpin itu harus hadir dengan penuh solutif. Jenengan (Anda) harus hadir untuk menyejahterakan warga Kota Surabaya, bukan membebani warga, tegasnya.