Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV

Diunggah pada Senin, 26 April 2021

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, secara virtual dari lobby balai kota, Senin (26/4/2021).

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 tersebut, mengusung tema Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong-royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju.

Setelah mengikuti serangkaian acara hingga akhir, Wali Kota Eri Cahyadi mengungkapkan beberapa poin penting yang disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI),K.H.Maruf Amin dan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian. Diantaranya yakni, terkait strategi dan inovasi pemerintah daerah (pemda), dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kedua, diharapkan adanya reformasi birokrasi dalam memberikan pelayanan publik. Tujuannya supaya lebih efektif dan efisien, sehingga dampak itu dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, kata Wali Kota Eri seusai acara.

Wali Kota Eri Cahyadi ini menjelaskan, sebenarnya di Kota Pahlawan reformasi birokrasi tersebut terus berkembang dan dimaksimalkan. Dia juga menceritakan, beberapa waktu lalu, orang nomor satu di Kota Pahlawan itu telah mengeluarkan terobosan terbaru. Terobosan itu berupa pelayanan administrasi kepedudukan yang terintergrasi. Dari program yang bersinergi dengan Pengadilan Negeri (PN) itu, setidaknya ada 18 pelayanan yang dapat terselesaikan cukup di tingkat kelurahan atau kecamatan.