Pemkot Surabaya Bantu Uang Saku dan Modal Usaha Warga Eks Lokalisasi Tambak Asri

Diunggah pada Rabu, 28 Agustus 2019

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyerahkan bantuan kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu dari warga eks lokalisasi Tambak Asri Surabaya. Bantuan tersebut terdiri dari uang saku bagi anak-anak dan uang modal usaha untuk untuk ibuk-ibu. Selain bantuan dana, pemkot juga memberikan bantuan permakanan dan BPJS kesehatan.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Lobby Lantai 2, Balai Kota Surabaya, Selasa (27/8). Bantuan itu diserahkan kepada sebanyak 25 anak-anak dan 10 ibu-ibu.

Wali Kota Risma menyampaikan bantuan ini berasal dari Masjid Muhajirin milik Pemkot Surabaya. Dana tersebut dihasilkan dari sumbangan-sumbangan yang terkumpul, baik dari jemaah atau pun warga sekitar. Sebelumnya bantuan seperti ini sudah beberapa kali diberikan untuk warga eks lokalisasi.

Ini sudah kesekian kalinya, pernah di Dolly, Kremil, dan Tambak Asri. Sebenarnya kekuatan membantu itu bisa kalau kita bisa mengerahkan dan mengarahkan. Kali ini kita berikan uang saku untuk mereka nominalnya Rp 465 ribu, tutur Wali Kota Risma.

Selain uang saku, Pemkot Surabaya juga memberikan bantuan dana modal usaha senilai Rp 2,5 juta. Dana ini nantinya dapat digunakan untuk membuat usaha para ibu-ibu, sehingga menambah penghasilannya. Macam-macam usaha mereka, ada yang warung kopi, atau meracang, ada juga koperasi. Kalau koperasi ini sudah jalan juga, lanjut dia.

Setelah memberikan bantuan, Presiden UCLG Aspac ini juga memberikan motivasi kepada anak-anak untuk bersekolah setinggi mungkin. Pemkot Surabaya sudah berusaha memberikan fasilitas semaksimal mungkin, terutama dalam bidang pendidikan, sehingga ia berharap kepada anak-anak untuk berani bermimpi untuk mengejar cita-citanya itu.