Surabaya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama

Diunggah pada Senin, 23 Juli 2018

Dinkominfo Kota Surabaya kembali menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Yohana Yembise, Senin (23/7). Bertempat di Dyandra Convention Hall, Penghargaan Kota Layak Anak Kategori utama diterima secara langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Acara dibuka oleh Lenny Rosalin, Deputi menteri PPPA bidang tumbuh kembang anak yang dalam sambutannya menyampaikan, Evaluasi Kota layak Anak ini diikuti oleh 389 Kab/Kota di Indonesia. Setelah dilakukan evaluasi dan penilaian secara menyeluruh, maka dipilih 117 Kab/Kota Layak Anak. Jumlah tersebut dibagi menjadi 4 kategori yaitu 113 Kab/Kota kategori Pratama, 51 Kab/Kota Kategori Madya, 11 Kab/Kota kategori Nindya, dan 2 Kab/Kota Kategori Utama.

Dilanjutkan oleh sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Yohana Yembise yang menyebutkan, Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap komitmen dan upaya pemerintah Kabupaten/Kota untuk mewujudkan pemenuhan dan perlindungan hak anak di wilayah administrasinya.

Menurut Yohana, yang terpenting dari penghargaan ini yaitu upaya dan komitmen semua pihak untuk mewujudkan sebuah wilayah yang memungkinkan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, terbebas dari segala bentuk kekerasan, penelantaran dan eksploitasi.

Sementara itu, ditemui selesai acara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan penghargaan itu bukanlah tujuan utama Pemkot Surabaya. Semua upaya yang dia lakukan agar hak anak-anak di Surabaya terpenuhi.