Serahkan Rutilahu, Wali Kota Eri Cahyadi: Harus Dipelihara, Jangan Dijual!

Diunggah pada Sabtu, 19 Nopember 2022

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan 8 kunci rumah hasil dari program rumah tidak layak huni (Rutilahu) Dandan Omah kepada warga di Wilayah Kecamatan Tandes, Sabtu (19/11/2022). Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi tak sendiri, ia didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Erna Purnawati, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, Irvan Wahyudrajad dan Camat Tandes Febriaditya Prajatara.

Ketika penyerahan Rutilahu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, rumah yang sebelumnya diperbaiki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) pada tahun ini beberapa sudah selesai dikerjakan. Setelah rumah itu selesai dikerjakan, ia berharap, pemiliknya bisa merawat dan tidak menjual rumahnya. Jadi harus dipelihara, selain itu tidak boleh dikontrakkan atau dijual selama lima tahun dan perawatannya harus dilakukan secara mandiri oleh pemiliknya, kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan, pemkot bukan hanya menyerahkan rumah yang telah rampung dibenahi, akan tetapi ia bersama jajarannya akan memberikan fasilitas pelatihan kepada pemiliknya. Tujuannya, agar penerima program rutilahu tidak bergantung pada pemkot ke depannya. Kita berikan pemberdayaan masyarakat dan pekerjaan, sehingga mereka nantinya bisa merawat rumahnya. Itu yang saya tekankan, ujar Wali Kota Eri.