Surabaya Kerja Keras Tekan Laju Penyebaran Covid-19

Diunggah pada Minggu, 06 Juni 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama jajaran Kepolisian dan TNI terus bekerja keras menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satunya yakni dengan melakukan penyekatan dan screening setiap pengendara yang akan masuk ke Surabaya melintasi Jembatan Suramadu.

Apabila di hari pertama pola penyekatan dilakukan hanya di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, untuk hari kedua ini mulai diterapkan di sisi Bangkalan. Pola penyekatan di kedua sisi iniberdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, Surabaya dan Bangkalan pada Minggu (6/6/2021) malam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pada hari kedua ini, penyekatan mulai diterapkan juga di kaki Jembatan Suramadu sisi Bangkalan. Setiap pengendara sebelum melintas Jembatan Suramadu menuju ke Surabaya, dilakukan pemeriksaan rapid antigen di Bangkalan. Nah, ketika hasilnya negatif, maka kendaraannya kemudian ditempeli stiker khusus.

"Alhamdulillah di Bangkalan ada penyekatan. Jadi yang kendaraan plat M (Madura) disekat di sana pakai diberikan tanda stiker. Tapi kalau tidak ada tanda stikernya, maka kita lakukan (rapid antigen) di sini (Surabaya). Jadi kita memang kolaborasi seperti hasil rapat koordinasi tadi malam," kata Wali Kota Eri Cahyadi di sela memimpin langsung penyekatan di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Senin (7/6/2021) siang.

Dalam penyekatan di hari kedua ini, Wali Kota Eri Cahyadi yang didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, juga terlihat beberapa kali terjun langsung melakukan pemeriksaan kendaraan. Bahkan, ketiganya pun tak canggung untuk menghentikan setiap kendaraan yang tidak ditempeli stiker bebas Covid-19.