Sekolah Kebangsaan, Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan

Diunggah pada Kamis, 24 Oktober 2019

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Sekolah Kebangsaan yang kedua di tahun 2019 yang berlangsung di Taman Sejarah Jalan Rajawali Surabaya, Kamis (24/10/2019). Dalam kesempatan itu, acara diikuti sekitar 2.640 pelajar tingkat SD SMP se-Surabaya.

Acara tersebut dibuka dengan teatrikal perang yang diperankan pelajar SMP 45 Surabaya. Teatrikal yang bertajuk Tewasnya Peristiwa Jendral Mallaby itu menceritakan perjuanganarek-arek Suroboyoketika berperang melawan sekutu. Teriakan takbir pun saling bersahutan, hingga suara petasan muncul dan menggugurkan para pemain yang sedang perang.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan, bahwa suara petasan tadi tidaklah ada apa-apanya, dibandingkan dahulu saat para pahlawan yang sedang berperang. Menurutnya, dahulu saat berperang suara dentuman terdengar lebih keras dan menakutkan.

Ibu lihat saat ada mercon tadi, banyak dari kalian menutup teliga dan ketakutan. Yang dirasakan eyang (pahlawan) kalian saat berperang malah lebih parah, karena mereka berperang sungguhan dan kalau ketembak mati beneran, kata Wali Kota Risma mengawali sambutannya.