Motivasi Entrepreneur Muda di IDEACLOUD 2020

Diunggah pada Minggu, 15 Maret 2020

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi keynote speaker dalam acara IDEACLOUD 2020 di Vasa Hotel Jalan HR Muhammad Surabaya, Minggu (15/3/2020). Forum yang berlangsung selama tiga hari tersebut, diikuti dari berbagai lapisan masyarakat se-Indonesia yang terdiri dari 1.500 peserta.

Dalam sambutannya, Wali Kota Risma memberikan banyak motivasi kepada para entrepreneur muda. Salah satunya yakni mengajak mereka untuk tidak patah semangat dalam menghadapi kegagalan, khususnya ketika awal membangun sebuah bisnis.

"Anak-anak milenial, kita harus pintar dalam melihat peluang. Banyak sekali keterbatasan yang kita miliki, tetapi jangan jadikan itu sebagai hambatan. Saya membuat UMKM dari 89 kelompok, sekarang ini jadi 11 ribu bernama Pahlawan Ekonomi, kata Wali Kota Risma di sela sambutannya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menjelaskan, semua anggotanya PE adalah ibu rumah tangga yang tidak mampu. Kini, mereka menjadi penggerak kedua ekonomi rumah tangga. "Hampir 50 persen dari mereka omzetnya setiap bulan satu miliar, tegas dia.

Menurutnya, jika para ibu itu dengan segala keterbatasannya bisa menembus omzet yang tinggi, maka yang muda-muda pasti juga bisa. Apalagi, di era industri 4.0 ini semua semakin dipermudah. Tinggal kita mau atau tidak. Tidak ada usaha yang tiba-tiba berhasil dan langsung besar. Itu kalau di sinetron mungkin, ujarnya.