Walikota Surabaya Lepas Ratusan Tupai Untuk Percantik Taman

Diunggah pada Kamis, 26 April 2018

Dinkominfo - Ratusan tupai pada siang hari ini dilepas oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di halaman Taman Surya Balaikota Surabaya, Kamis (26/4).

Tupai yang berjumlah sekitar 300 ekor itu merupakan jenis tupai kelapa yang berasal dari Lampung. Sebelum dilepas, sejumlah buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pepaya, kelapa, dan jagung sudah tersebar di atas pepohonan yang ada di Taman Surya. Sehingga setelah dilepas tupai bisa langsung menuju ke habitatnya di pepohonan.

Tri Rismaharini Walikota perempuan pertama Surabaya ini memang memiliki concern yang lebih terhadap taman. "Burung merpati sudah ada di taman, terus kupu-kupu kalau sedang musim bunga dan seusai musim hujan bisa dijumpai. Nah tinggal tupai saja yang belum ada di taman. Oleh karena itu saya datangkan tupai biar bisa bebas disini," ujar Walikota.

Wanita yang akrab disapa Risma ini juga menuturkan bahwa ini sudah menjadi keinginannya sejak lama. "Saya dari dulu ingin. Sampai beli juga beberapa, akhirnya tercapai sekarang tupainya banyak sekali," ungkap Risma.

Pelepasan tupai ini juga sebagai sarana edukasi khususnya bagi anak-anak, "Saya sediakan tupai di sini karena di tengah kota sekarang jarang dijumpai tupai yang hidup bebas, ini untuk edukasi juga," tegas Risma.

Walikota juga menghimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung taman, untuk tidak merasa takut terhadap tupai-tupai ini dan menghimbau supaya pengunjung taman tidak mengganggu hewan-hewan yang ada di taman Surabaya. (hnm/snd/pri)