Coaching Clinic, Langkah Awal Kerjasama Surabaya-Liverpool Cetak Pesepakbola Muda Bertalenta

Diunggah pada Selasa, 20 Maret 2018

Rangkaian kunjungan Walikota Liverpool, Inggris di Kota Pahlawan terus berlanjut. Siang ini Selasa (20/3), rombongan dari kota "Scousers" ini menyambangi markas Karang Gayam, Tambaksari Surabaya. Mereka akan melakukan Short Coaching Clinic kepada anak-anak pesepakbola U12 dan U14 yang dikomandoi oleh Shaun Garneth, tech director of international desk Tranmere Rovers FC.

Short Coaching Clinic ini adalah salah satu bagian dari perjanjian kerjasama sister city untuk edukasi dan juga sepakbola. Pemkot Surabaya mempunyai visi untuk membentuk bibit-bibit pesepak bola handal sejak dini.

Sebelum rombongan datang, anak-anak U12 dan U14 dilebur menjadi 2 tim yang berbeda dan melakukan pertandingan uji coba. Masing-masing tim beranggotakan pemain dari Mitra Surabaya, Maestro, Simo United, Surabaya Bersatu, Laskar Muda, Olympic, serta Mitra Surabaya. Mereka bermain di Stadiun Utama Gelora 10 Nopember Surabaya.

Joe Anderson, Walikota Liverpool mengungkapkan bahwa kemampuan anak-anak tadi tidak kalah dengan talenta dari benua biru. Tinggal melakukan pengembangkan talenta alamiah yang dimiliki pesepak bola cilik ini untuk semakin matang lewat Football Academy, karena di Eropa setiap klub sepakbola diwajibkan untuk memiliki Footbal Academy untuk pembibitan pemain. "Hari ini adalah kesempatan untuk melihat perkembangan sepakbola disini, dan apa yang bisa kita bantu. Entah mengirim pelatih ke Liverpool atau mendatangkan pelatih dari Liverpool" Ujar Joe.