Pesan Toleransi dan Cinta Tanah Air dalam Pengambilan Sumpah dan Janji PNS

Diunggah pada Senin, 25 Juni 2018

Dinkominfo-"Pemerintah adalah pelayan masyarakat". Begitulah pesan yang selalu disampaikan oleh Walikota Surabaya kepada seluruh jajarannya di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Oleh sebab itu, peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik untuk seluruh masyarakat.

Bertempat di Graha Sawunggaling, gedung Pemerintah Kota Surabaya lantai 6, Senin (25/6), sebanyak 250 PNS di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yang terdiri dari 135 Tenaga Fungsional Tertentu dan 115 Tenaga Fungsional Umum diambil sumpah dan janjinya sebagai pengabdi masyarakat.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, bertindak sebagai pengambil sumpah dan janji bagi para PNS hari ini, didampingi oleh para rohaniawan dari agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Hindu.

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir agar menjalani dengan baik sumpah dan janji yang baru saja diucapkan didepan Tuhan. Ia juga memohon agar para PNS yang diambil sumpah dan janjinya hari ini agar selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, karena memberikan pelayanan yang terbaik adalah salah satu cara untuk bersyukur atas jabatan yang telah diperoleh sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Risma, panggilan Walikota Surabaya juga menitipkan pesan kepada seluruh PNS yang diambil sumpah dan janjinya hari ini agar selalu mencintai tanah air dan juga ikut menyebarkan pentingnya toleransi dan menghargai perbedaan kepada semua orang, terutama kepada anak-anak.

Walikota berpesan agar anak-anak tidak hanya diajari bagaimana cara beribadah kepada Tuhan, namun juga bagaimana menciptakan hubungan yang baik dan harmonis antar manusia. Hal ini memiliki tujuan yang besar, yaitu agar rakyat Indonesia tidak mudah dipecah belah oleh sekelompok orang yang merasa dirinya paling benar dibandingkan yang lainnya.

"Kalau kita masih ngomong tentang perbedaan, kita tidak akan bisa maju", ucapnya di depan seluruh hadirin yang hadir hari ini.

Walikota Surabaya dan para perwakilan PNS dari masing-masing agama kemudian menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah dan Janji PNS Tahun 2018, didampingi Asisten Administrasi Umum dan Inspektur Kota Surabaya sebagai saksi. (Snd/Pri)