Pentingnya Peran Guru Dalam Mendidik Anak-Anak di Era Digital

Diunggah pada Kamis, 29 Maret 2018

Dinkominfo-Menjadi seorang guru bukanlah sebuah hal yang mudah, mereka harus senantiasa memiliki kesabaran agar dapat mendidik siswa-siswi mereka. Apalagi di era digital seperti ini, siswa-siswi dapat mengakses informasi apapun di internet tanpa ada batas. Karena itu, peran guru dalam mendidik anak-anak di era digital saat ini sangatlah dibutuhkan.

Pagi ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan Kota Surabaya menggelar seminar dengan tema Peran Guru Dalam Mendidik Anak Di Era Digital, Kamis (29/3). Acara seminar ini dihadiri 1600 pejuang pendidikan di antaranya adalah guru dan wali murid dari seluruh SD dan SMP se-Kota Surabaya.

Acara seminar ini diselenggarakan di Convention Hall Jalan Arif Rakhman Hakim Kota Surabaya. Ribuan tamu undangan yang hadir meyambut seminar ini dengan antusias. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan bahwa ia ingin menjadikan anak-anak Surabaya mampu bersaing dengan anak-anak di luar negeri.

"Kenapa seminar ini menjadi penting, karena saya pingin anak-anak Surabaya bersaing dan sejajar dengan anak-anak di dunia. Dengan era globalisasi maka mungkin bisa menjadi berprestasi hingga dunia. Semua anak-anak di Surabaya adalah anak saya, dia wajib dalam pendidikan dan berada dalam perlindungan saya", tutur walikota.

Risma juga menambahkan bahwa anak-anak ibaratnya seperti kertas putih dan orang tua mereka adalah pelukisnya. Karena didikan dari orang tua itulah yang akan membawa anak-anak mereka dalam kebaikan ataupun sebaliknya. Karena dijaman era digital saat ini anak-anak mudah sekali mendapatkan informasi.

"Di era digital ini semua ada, mau yang jelek atau baik ada. Makanya saya selalu ingatkan kepada rt rw kalau di tempat mereka ada anak-anak yang mencurigakan segera laporkan. Agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan" imbuh Risma.

Selain Wali Kota Surabaya, seminar ini juga dihadiri oleh, Psikolog spesialis pengasuhan anak Elly Risman yang memberikan paparan kepada tamu undangan terkait Peran Guru Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Dalam paparannya Elly Risman menyarankan agar orangtua mulai merumuskan tujuan pengasuhan sejak anak dilahirkan. Perlu membuat kesepakatan bersama suami, prioritas apa saja yang diberikan kepada anak dan bagaimana cara pendekatannya. (Noi/Pri)