Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)

Diunggah pada Kamis, 02 Januari 2020

Sebanyak 36 peserta Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Jalan Sedap Malam Surabaya, Kamis (02/01/2020) pagi. Mereka yang terdiri dari 18 mahasiswa Australia dan 18 mahasiswa lokal tersebut, rencananya akan melaksanakan programstudent exchange(pertukaran pelajar) AIYEP fase kota di Surabaya selama tiga Minggu.

Dalam kesempatan ini, turut hadir perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur serta beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Kedatangan mereka di rumah dinas pun disambut berbagai pertunjukkan kesenian, seperti reog, tari remo hingga Ibam, seorang anak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan menyanyi dan musik.

Dalam sambutannya, Wali Kota Risma mengatakan, atas nama pemkot dan warga Surabaya, pihaknya menyambut baik kedatangan para peserta AIYEP tersebut. Bahkan, ia mengaku senang, sebab Kota Surabaya dipilih menjadi lokasi fase kota program pertukaran pelajar itu. Senang sekali bisa menyambut kedatangan bapak ibu sekalian di awal tahun baru ini, kata dia.

Wali Kota Risma mengungkapkan, di Kota Surabaya pihaknya memastikan terus memberikan fasilitas bagi anak-anak agar mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Salah satunya dengan menyediakan beasiswa gratis bagi pelajar prestasi dari keluarga kurang mampu. Lebih dari 2000 anak mendapat beasiswa untuk mereka bisa kuliah tinggi. Bahkan, pendidikan di Surabaya mulai jenjang SD sampai SMP gratis, ujarnya.