Warga Surabaya Ramai Saksikan Pawai Ogoh-ogoh Sambut Hari Raya Nyepi

Diunggah pada Jum'at, 16 Maret 2018

Dinkominfo - Ratusan umat Hindu Surabaya menggelar pawai ogoh-ogoh yang berlangsung di Pura Segara, Komplek TNI AL, Kenjeran Surabaya, untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Berbagai persembahan dan tarian ditampilkan secara unik oleh umat Hindu termasuk penampilan 12 ogoh-ogoh pada Jumat (16/3).

12 ogoh-ogoh tersebut dari 10 ogoh-ogoh berukuran besar dan 2 ogoh-ogoh berukuran kecil karya umat Hindu dan mahasiswa Hindu se Surabaya ini diarak dari Pura Segara menuju ke Jalan Baru - Jalan Wiratno - Jalan M.Latif - Perumahan Pantai Mentari, melewati Jembatan Suroboyo, Jalan Sukolilo Lor, lalu kembali ke Pura Segara untuk pemusnahan.

Sebelum ogoh-ogoh atau pralina bentuk dari persembahan kepada sang buta kala ini diberangkatkan, reog ponorogo dan barongsai terlebih dahulu menjadi pembuka acara dalam acara yang mengusung tema "Melalui Catur Brata Penyepian, Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI" ini.

Ribuan warga yang sudah menunggu sejak pukul 3 sore di Pura Segara ini turut menyaksikan berlangsungnya pawai tersebut. Bahkan mereka ikut mengawal di sepanjang jalan saat ogoh-ogoh melintasi jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan kawasan pesisir Surabaya tersebut.