Surabaya Membara 2016

Diunggah pada Kamis, 10 Nopember 2016

Acara Surabaya Membara 2016 ini merupakan agenda rutin yang di selenggarakan oleh Kota Surabaya dalam rangka menyambut Hari Pahlawan. Surabaya Membara 2016 akan membawa para penonton untuk kembali merasakan suasana dimana Kota Surabaya di bombardir oleh tentara Sekutu pada tanggal 10 November 1945. Hal ini di karenakan Arek Arek Suroboyo tidak mau tunduk atas ultimatum yang di keluarkan oleh Sekutu agar pejuang Surabaya menyerahkan senjatanya dan tunduk kepada Sekutu.

Semangat Arek Arek Suroboyo ini benar benar membara karena di bakar oleh pidato Bung Tomo yang berapi-api. Ultimatum tentara Sekutu ini di keluarkan menyusul tewasnya Jendral Mallaby akibat pertempuran di kawasan Jembatan Merah Surabaya. Inilah hebatnya Arek Arek Suroboyo, karena hanya di Kota Surabaya seorang Jendral Inggris bisa gugur di arena perang, yang oleh tentara Sekutu di namakan Perang Neraka.

Sebanyak 750 hingga 800 personel akan di libatkan dalam acara Surabaya Membara 2016. Personel ini berasal dari unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mahasiswa, Pelajar dari Sekolah Dasar hingga SMA, berbagai Komunitas Di Kota Surabaya, Paguyuban Putra Putri Pejuang dan masyarakat umum.