Safari Keliling Puskesmas Sosialisasi Pentingnya Vaksin untuk Lansia

Diunggah pada Kamis, 25 Maret 2021

Dari balik pintu Puskesmas Perak Timur, terdengar suara lembut menyapa warga dengan ucapan salam. Mendengar itu, para lanjut usia (lansia) yang tengah mengantre panggilan untuk disuntik vaksin langsung mendatangi perempuan yang mengenakan seragam PKK itu. Rupanya, perhatian serta kepedulian Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi kepada para lansia seakan tak pernah ada habisnya.

Terbukti, setelah beberapa waktu lalu meninjau pelaksanaan vaksinasi di beberapa puskesmas, kini ia didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Febria Rachmanita dan anggota PKK kembali berkeliling ke sejumlah puskesmas untuk mensosialisasikan pentingnya vaksin sekaligus pembagian vitamin C bagi kalangan lansia, Kamis (25/3/2021).

Di sela tinjauannya, Rini Indriyani tak lupa memberikan perhatian ekstra kepada para lansia. Selain itu, dia juga mengingatkan kepada para lansia untuk menjaga imunnya meski telah menerima vaksin Covid-19. "Bapak, ibu, eyang jangan lupanggih(ya), tetep dijaga kesehatannya, maem (makan)nya yang rutin. Saya bawakan vitamin untukpanjenengan(anda). Ini vitamin c minumnya tiap sehari sekali ya," ungkapnya kepada para lansia.

Tidak hanya itu, dia juga meminta kepada para lansia yang telah divaksin untuk ikut mengajak orang-orang disekitarnya suntik vaksin. Dia pun menjelaskan pemtingnya vaksin agar memperkuat imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus termasuk Covid-19. "Nanti kalau ada keluarga atau tetangganya yang tidak mau divaksinpanjeneganjuga bisa ikut menyampaikan kalau vaksin itu aman. Buktinyapanjenengansemakin sehatnggih," kata Rini di sela sosialisasi.

Menariknya, agar sosialisasi semakin masif, istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini pun mengajak seluruh anggota PKK untuk ikut membantu sosialisasi di masing-masing wilayahnya. Sebab dia menilai peran kader PKK merupakan garda terdepan bagi keluarga maupun lingkungan sekitarnya.