Wisata Hutan Pakal Surabaya

Diunggah pada Rabu, 09 Januari 2019

Dinkominfo - Sebagai Kota Metropolitan, bukan berartiKotaSurabaya hanyaberisigedung - gedung bertingkatsaja.Kestabilan alam tetap dipertahankanPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan melestarikanhutan kota. Salah satu hutan kotayang dimiliki Kota Surabaya bernaaHutan Kota Pakal Benowo.

Hutan kota seluas 6 hektar ini berfungsi sebagai filter udara dan pasokan oksigen bagi Kota Surabaya. Berbagai pohon ditanam seperti cemara udang, ketepeng, sawo kecik, trembesi, mahoni, akasia, bakau, dan waru laut yang rindang menjamin kesejukan area di sekitar hutan kota ini.

"Ada hampir 60 jenis tanaman di sini" ujar Parjo, salah petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) yang bertugas di lokasi.

Selain pepohonan, terdapat juga tambak - tambak yang diisi denganikan. Bibit ikan yang dikembangkan adalah bandeng, udang, dan ikan mas. Selain itu terdapat juga ternak warga dan kebunurban farming.

Suasana rindang yang ditawarkan rupanya menarik warga untuk datang berkunjung untuk menikmati kesejukan hutan kota ini, seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Anjas,Pengunjung Hutan Pakal,lokasi hutan kota ini menawarkan sesuatu yang jarang ada di kota besar, yakninuansa hijau dan menyejukkan. Jadi banyak pengunjung yang mengabadikan foto di sini.

"Saya tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati suasana alam seperti ini" ujarnya riang.