Cegah Genangan, DPUBMP Lakukan Pengecekan Pompa Air dan Pengerukan Saluran Air

Diunggah pada Jum'at, 12 Januari 2018

Dinkominfo-Memasuki musim hujan yang telah tiba, Pemerintah Kota Surabaya saat ini gencar melakukan pengecekan pompa air dan juga pengerukan saluran air, apabila intensitas air hujan semakin tinggi, maka tidak ada daerah di Kota Surabaya yang tergenang air. Maka dari itu tim Satgas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Pematusan (DPUBMP) melakukan pengerukan di Saluran Air Medayu yang berada di Rungkut.

Selain melakukan pengerukan saluran air, juga dilakukan pengecekan Pompa Air di 3 tempat yang rencananya akan ditambahkan beberapa pompa air di tempat tersebut. Antara lain Rumah Pompa Medokan Asri UPN, Rumah Pompa Pandugo serta Rumah Pompa Kedung Asem. Fungsi Pompa Air ini adalah untuk mengurangi debit air hujan yang menggenang dan mencegah terjadinya banjir.

Menurut Achmad Idi Pratiknyo, Kepala Seksi Pembangunan Sarana Prasarana Pematusan DPUBMP Saat ini sudah ada sekitar 50 Rumah Pompa yang telah tersebar di seluruh Kota Surabaya. Idi berharap dengan dibangunnya Rumah Pompa seperti ini, masyarakat Surabaya tidak perlu merasa cemas akan banjir apabila hujan turun.

Di samping itu, bukan hanya pengerukan saluran air saja yang dilakukan untuk mencegah genangan air, tapi juga dilakukan penambalan jalan yang berlubang, supaya apabila ada pengendara yang sedang melintas pada saat hujan tidak terjatuh akibat lubang tersebut.

Sementara itu Purwanto, Koordinator Lapangan Satgas dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Bina Marga menjelaskan jalanan yang berlubang nantinya akan diperbaiki dalam waktu kurang lebih 10 menit, setelah itu pengendara dapat melewati kembali jalan tersebut dengan rasa aman. (Noi/Pri)