Peringati HPSN, DKRTH Gelar Giat Bersih Sampah

Diunggah pada Jum'at, 02 Maret 2018

Dinkominfo- Keberhasilan pengolahan sampah di Kota Surabaya tidak lepas dari peran aktif masyarakat, semakin sadarnya warga terhadap lingkungan serta sinergi antara stakeholder dengan Pemerintah Kota sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan.
 
Untuk mempertahankan hal tersebut, Pemkot Surabaya menggelar aksi bersih-bersih di Taman Suroboyo dan Sentra Ikan Bulak yang merupakan program Tiga Bulan Bersih Sampah guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018 dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.
 
Bertempat di Taman Surabaya, Jumat (02/3) sekitar Pukul 6 pagi tim gabungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan Kelurahan di Kota Surabaya sudah terlihat mempersiapkan perlengkapan bersih-bersih mulai dari karung sampah hingga sapu lidi. Sebanyak 2000 peserta bersih-bersih dibagi menjadi 5 zona yang tersebar dari Pantai Kenjeran, Taman Surabaya hingga Sentra Ikan Bulak.
 
Chalid Buhari, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya menuturkan giat kebersihan ini dilaksanakan rutin selama 3 bulan sejak Januari lalu, sebagai tindak lanjut dari himbauan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal mengenai Pengelolaan sampah, limbah dan bahan Beracun berbahaya.
 
Masih menurut Chalid, kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah mewujudkan pengurangan sampah sampai 30 persen dan penanganan sampah sampai 70 persen pada 2025 sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah, serta diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan.