Kawasan Konservasi Terbesar akan Dibangun Pemkot Surabaya

Diunggah pada Selasa, 22 Januari 2019

Dinkominfo – Kawasan Konservasi Ekowisata Mangrove Wonorejo akan dikembangkan menjadi lebih luas oleh Pemerintah Kota Surabaya. Kawasan yang terletak di pantai timur Surabaya ini akan dikembangkan menjadi empat bagian.

Empat wilayah yang akan masuk dalam pengembangan dan perluasan Kebun Raya Mangrove ini diantaranya Wonorejo, Medokan Ayu, Keputih dan Gunung Anyar. Untuk saat ini, wilayah yang akan dikembangkan terlebih dulu adalah wilayah Wonorejo dan Gunung Anyar.

Kedepan jika seluruh wilayah ini tergabung, maka kawasan ini akan menjadi kawasan konservasi mangrove terbesar. Nantinya, Pemkot Surabaya akan bersinergi bersama warga untuk menjadikan Ekowisata Mangrove Wonorejo sebagai hutan lindung yang bermanfaat sebagai pencegah abrasi dan penangkal banjir rob. 

Menurut Suwito, Koordinator Mangrove Information Center, kawasan hutan mangrove ini dibuka sebagai tujuan wisata sekaligus edukasi lingkungan warga Surabaya. Berbagai fasilitas disediakan oleh Pemkot Surabaya seperti gazebo, pendopo, jogging track, sentra kuliner, dermaga kapal dan pembibitan mangrove.

Terbaru adalah pembangunan jembatan observasi dari bambu yang akan membentang sepanjang bozem Wonorejo. “Semua fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan pengunjung dengan gratis tanpa dipungut biaya” ujar Suwito